Deprecated: Unparenthesized `a ? b : c ? d : e` is deprecated. Use either `(a ? b : c) ? d : e` or `a ? b : (c ? d : e)` in /home/qimsintr/astradaihatsumedan.com/wp-content/plugins/js_composer/include/classes/editors/class-vc-frontend-editor.php on line 646
3 Faktor Ini Sebabkan Kenaikan Harga Mobil Tidak Bisa Dihindari - Info Promo dan Harga Daihatsu Medan

3 Faktor Ini Sebabkan Kenaikan Harga Mobil Tidak Bisa Dihindari

0 209

Situasi daya beli masyarakat yang menurun dan penjualan otomotif yang lesu menaikkan harga jual kendaraan bermotor menjadi hal yang dihindari produsen otomotif.

Saat penjualan kendaraan bermotor lesu kenaikan harga justru akan makin memperburuk capaian penjualan otomotif. Apa pun situasinya, kenaikan harga tidak dapat dihindari jika tiga faktor ini terjadi.

Menurut Marketing & Customer Relation Division Head PT Astra International Daihatsu Sales Operation Hendrayadi Lastiyoso menyatakan, produsen otomotif tidak mungkin menahan harga lama jika terjadi perubahan nilai tukar mata uang, perubahan model dan kenaikan Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBNKB) dan Pajak Kendaraan Bermotor.

“Perubahan harga kendaraan setidaknya ada 3 hal. Pertama perubahan kurs, misalnya dari rupiah ke US dollar atau Japan Yen yang signifikan, perubahan model dan kenaikan tarif pajak,” ujarnya.

Daihatsu Naikkan Harga

Ia lantas mencontohkan, Xenia facelift yang meluncur awal tahun ini tidak mengalami perubahan harga hingga sekarang. Kenaikan harga justru terjadi saat model tersebut diluncurkan.

“Sampai sekarang kita tidak menaikkan harga Xenia. Kenaikan awal tahun kan karena perubahan model, minor change. Sigra juga misalnya, perubahan harga karena perubahan model”, terangnya.

Pertengahan Desember ini Daihatsu berencana melakukan koreksi terhadap harga kendaraan di DKI Jakarta, menyusul kenaikan tarif pajak kendaraan di Ibu Kota mulai 11 Desember ini.

“Per 11 Desember (kalau tidak salah). Sehubungan dengan kenaikan tarif BBnKB Jakarta yang naik 2,5 persen. Kami sekarang sedang melihat. Intinya adalah menyesuaikan harga kami,” ujarnya.

Naik Sampai Rp5 Juta?

Kenaikan ini sendiri belum ditentukan terkait waktunya. Namun kenaikan tersebut belum tentu hanya berlaku terkait PPnBM baru yang berlaku di Jakarta. Kenaikan bisa juga diterapkan di tahun baru.

“Kalau pada waktunya itu diimplementasikan. Belum tahu yang awal tahun. Yang jelas Desember ini jika ada penyesuaian, kami akan lakukan,” ujarnya.

Berapa kenaikan harganya? Ia enggan membeberkan angka secara detail. Namun ia memberikan perkiraan kenaikan harga tersebut.

“Bukan naik berapa, tapi range-nya ya. Mungkin Rp 2 juta sampai Rp 5 juta tergantung NJKB,” kata dia.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

×